Tehnologi dan sarana yang tersedia saat ini,3G,Wimax danjaringanFiber-Optik.
Saat ini beberapa Lembaga Penyiaran sudah melakukan siaran percobaan menggunakan berbagai tehnologi, namun sebatas percobaan tehnis saja
TANTANGAN INDUSTRI PENYIARAN :
REGULASI
Regulasi yang berubah2 menyebabkan ketidak- pastiaan peraturan berakibat sulit untuk rencana usaha jangka panjang.
Tidak sinkron-nya peraturan yang satu dengan yang lain ditingkat Nasional, juga menimbulkan keraguan dalam pengambilan keputusan.
Peraturan Daerah atau kebijakan2 yang dibuat oleh regulator daerah lain, tidak sama dari daerah satu dengan daerah lain.
Akibat dari hal2 diatas Industri Penyiaran sulit untuk merencanakan jangka panjang
INRASTUKTUR
INRASTUKTUR
•Untuk Tehnologi yang bersifat Interaktif, dibutuhkan jaringan serat optik dengan penetrasi yang luas dan harga yang terjangkau, pada saat ini belum tercapai, namun sudah menunjukan kemajuan.
•Tehnologi wireless seperti Wimax belum menjanjikan karena band-width yang terbatas dan “Nomandic”.
•Untuk sementara tehnologi 3G belum menarik karena ukuran layar yang terbatas, bila ukuran layar membesar (Ipad), maka tehnologi akan menarik untuk industri penyiaran.
TREND MASYARAKAT
•Kemajuan TIK menyebabkan sebuah trend baru dalam masyarakat, dimana mereka ingin informasi kapan mereka ada waktu, dimana saja, dan jenis informasi yang mereka inginkan.
•Trend ini menimbulkan segmentasi yang amat kecil, namun sangat khusus.
•Jejaring Sosial (Facebook) merupakan gambaran masa depan, dimana muncul komunitas2 tanpa ada lembaga penyiaran atau administrator.
•
Perusahaan Periklanan Internasional sudah mulai memberikan perhatian khusus kepada jejaring sosialMODEL BISNIS
Dimasa mendatang lembaga penyiaran akan menjadi “Content Provider”
Mengingat Trend Masyarakat Modern, maka target “Pemirsa” menjadi kecil, sedangkan biaya Program tetap tinggi.
Content Provider memburtuhkan pengembalian investasi yang panjang, mengingat jumlah “pemirsa” yang kecil menyebabkan pemasuka dar langganan dan iklan menjadi kecil.
Konvergensi
Berpadunya teknologi dan rantai nilai (value chain) industri telekomunikasi, penyiaran, teknologi informasi, dan konten,beserta ikutannya sehingga khalayak memperoleh layanan yang terpadu sesuai kebutuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar